Friday, December 7, 2012

STASIUN KETANGGUNGAN (KGG) +15

Blog ini aku awali ama stasiun satu ini dulu dech ya. Maklum, stasiun yang paling deket rumah dan emang aku dulu sering diajak ke sini, ya... sekedar main-main sambil nunggu sore aja. Biasanya sih pas bulan puasa, sama kakak ato ama bapak. Itu jama dulu, yah, waktu kereta masih jaman-jaman catnya warna biru ama merah. Sayangnya, pas lagi main di stasiun kayaknya emang belum pernah ada kereta yang brenti. Kaga taulah kenapa.
OK, udah jelas tuh di judul nama stasiunnya. Stasiun Ketanggungan, ketinggian 15 meter dari permukaan laut. Letaknya di sebelah barat pasar Ketanggungan, masuk Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Stasiun ini dibilang lumayan jauh dari jalan utama ato jalan gede. Cuma bisa lewat jalan desa ato jalan pasar yang lumayan lah baru bisa nyampe. Dari jalan alternatif Pejagan-Prupuk yang mbelok di Pertigaan Masjid Jami Ketanggungan, kira-kira letaknya 1 km. Owh iya, stasiun ini termasuk di jalur selatan. Masuk di Daerah Operasi (Daop 3 Cirebon), Letaknya antara stasiun Larangan (sebelah timur) dan stasiun Ketanggungan Barat (sebelah barat), dan masuk petak Cirebon - Prupuk, Lintas Cirebon Kroya. (so tau dikit, padahal baru tau sekitar 2 tahun lalu (taun 2010-an), hehehe...)
Di stasiun Ketanggungan ini ada dua jalur aktif dan satu jalur buntu, jalur satu itu yang jalur lengkung, ato bisa dibilang jalur yang buat berhentinya kereta, kalo jalur dua itu jalur lurus buat lewatnya kereta yang ga sempet mampir (emang ga ada jadwal buat berenti disitu soalnya). Dari dulu sih aku ga terlalu perhatiin banget tuh stasiun, biasa anak kecil, sekedar main aja deket rel dan sekitar stasiun. Aku perhatiin sih bangunannya juga sama kaya gitu aja ga banyak perubahan, paling dikit-dikit aja perubahannya sih, kaya di plester ulang temboknya yang udah bolong, trus juga di kramik. Sebelumnya juga di pojok utara sebelah timur ada alat kaya timbangan barang, tapi ga tau sekarang kemana tuh disimpennya.
Owh iya, lupa belum ngasih info buat jalur buntu tadi. Nah, jalur buntu tuh biasanya buat nyimpen kereta kuning, yaa... bisa dibilang kereta penolong. Kalo aku sih dari dulu kenalnya "Liyer" ga tau tuh dari mana nama gituan.
Dari segi bangunan, Stasiun Ketanggungan Punya beberapa bangunan. Bangunan utamanya ya bangunan stasiun itu sendiri yang jelas. Terus sebelah barat ga jauh dari stasiun ada kamar-kamar kecil, sebut aja toilet. itu yang sepertinya udah dari dulu sejak dibangunnya Stasiun udah ada. Ada juga sebelah Timur deretan utara, bangunan-bangunan pegawai kereta api juga, entah apa aja. Ada juga tugu peringatan, aku sendiri belum tau tuh tugu apaan, yang jelas kayaknya udah lama banget. Di belakang stasiun (sebelah utara) ada bangunan lagi yang selalu ditutup dan cuma petugas aja yang boleh kesitu, entah buat apa. Dan yang jarang diperhatiin nich satu bangunan tinggi yang kaya tower, lumayan jauh dari stasiun sekitar 100 meter ke barat agak ke utara dikit, kemungkinan itu buat penampungan air, dan bangunan itu khas banget jalam dahulu punya.
Di bangunan utama stasiun, 3 ruang. Ruang tunngu penumpang, ruang kantor dan penjualan tiket dan ruang kendali sinyal. Ruang tunggu yang sekarang udah kebuka depannya, kalo dulu sih ketutup. Terus juga, sinyal di stasiun ini udah pake sinyal elektrik, jadi udah pake listrik, ga tau dulu kaya gimana.
Nah, sekarang keretanya nich. Dari dulu sih aku ga terlalu perhatiin banget kereta apa aja yang brenti disitu. Cuma taunya ya kereta lewat aja, ada yang warna putih, ada juga yang warnanya merah sama biru (taun 2000-an).
Baru sekitar Tahun 2010-an aku mulai perhatiin jadwalnya. Lumayan, yang jelas pas itu aku tau persis jadwal kereta dari dan ke Jakarta tujuan Surabaya. Ada yang tau kereta apa?
Yupz... Kereta Gaya Baru Malam, tujuan Surabaya - Jakarta Kota (PP) Lewat Jogja dan Purwokerto. Mau ga mau orang mau ke Jogja dan taunya ya cuma kereta itu yang berenti disitu. Itu juga tau dari saudara yang udah langganan pake Kreta Gaya Baru. Dan Pertama kali aku ke Jogja ya dari stasiun ini, pake Kereta Gaya Baru Malam ntar turun di Jogja (stasiun Lempuyangan). Seingatku, pertama kali aku naik kereta tadi (GBM) jadwalnya tu jam setengah 5 sore (16.35), tapi ga tau kenapa sering banget jam 5 kurang, bahkan sering lebih, baru dateng dan pas berangkatpun keretanya udah penuh sesak ama manusia-manusia dari Jakarta dan darimana aja. Ya... memang keliatan banget sih keretanya merakyat, namanya juga kereta ekonomi. hehehe...
Sedikit Pengalaman aja dech. hehehe...
Balik lagi ke topik, makin lama dan makin sering pake kereta, tau juga kereta Bengawan (Solo Jakarta). Dan sekitar satu tahunan, tepatnya di Desember 2011, baru aku bener-bener tau kalo yang berenti di stasiun itu bukan cuma GGaya Baru dan Bengawan dari Jakarta aja, tapi banyak juga yang lain. Dari Kelas Ekonomi sampe Kelas Eksekutif.
Dan Ini Jadwal Kereta Api yang Berhenti di stasiun Ketanggungan (per Desember 2011),

No comments:

Post a Comment